Google
 

Rabu, 18 Agustus 2010

7 Cara Melakukan Tobat

Melanjutkan bahasan Kita terdahulu mengenai Penyebab Timbulnya Masalah Kehidupan, banyak di antara Kita tau kata “tobat”, tetapi banyak pula yang belum tau teknis atau cara yang tepat untuk bertobat. Tobat merupakan proses penting dalam upaya Kita untuk melepaskan diri dari segala permasalahan pelik yang melanda hidup Kita. Sebagian orang mungkin menganggap remeh perihal tobat, tetapi percayalah bahwa tidak ada solusi lain kecuali bertobat dan kembali ke jalan yang diridhoi Alloh SWT agar Kita dapat menyelesaikan semua masalah. Kali ini Kita akan membahas 7 Langkah Melakukan Tobat. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Benahi Dahulu Sholat Kita
  2. Berniatlah dalam hati untuk melakukan Taubatan Nasuha (tobat sebenar-benarnya tobat). Menyempurnakan ibadah sholat merupakan langkah pertama Kita untuk bertobat. Bagi Wanita, Anda boleh melakukan solat di rumah saja, atau tidak perlu datang ke masjid. Bagi Pria, Anda harus sholat tepat waktu dan berjamaah di masjid. Ini langkah mutlak yang harus dilakukan. Sebab, dengan melakukan langkah ini berarti Kita menomorsatukan Alloh SWT, dan Kita mengakui bahwa hanya Alloh SWT-lah satu-satunya Bos yang wajib dipatuhi perintah-Nya tanpa ada alasan apa pun. Langkah ini merupakan awal Kita untuk menarik simpati Alloh SWT.
  3. Lakukan Sholat Sunnah Rawatib
  4. Cara berikutnya untuk menyempurnakan sholat wajib Kita adalah dengan melakukan Sholat Sunnah Rawatib: Qobliyah dan Ba’diyah. Kebanyakan dari Kita selalu menganggap remeh sholat sunnah rawatib. Nah, mulai saat ini, jangan anggap enteng sholat sunnah Rawatib, sebab ini merupakan bagian dari langkah menyempurnakan sholat Kita agar Kita dapat segera keluar dari segala masalah yang melilit hidup.
  5. Lakukan Sholat Sunnah Taubat
  6. Kita perlu melakukan Sholat Taubat sebelum Sholat Tahajud di malam hari. Setelah Kita selesai melakukan Sholat Taubat, berdoalah kepada Alloh SWT. Dalam doa Anda, pastikan Anda meminta ampun kepada Alloh SWT atas dosa besar yang pernah Anda perbuat dengan menyebutkan dosa Anda itu secara detil. Lalu berjanjilah kepada Alloh SWT untuk tidak lagi mengulangi perbuatan itu. Dalam doa Anda, pastikan Anda memohon ampun dengan detil dan jelas apa dosa besar yang pernah Anda lakukan. Misalnya, Anda dulu pernah pergi ke dukun. Jangan cuma berdoa seperti ini: “Ya Alloh, ampunilah dosaku.” Ingatlah bahwa Alloh SWT adalah Bos Anda Yang Paling Besar, Anda tidak bisa seenaknya memberikan perintah kepada Bos Anda, apalagi kepada Yang Maha Besar. Yang harus Anda lakukan bukanlah memerintah, tetapi menarik simpati. Pujilah Alloh SWT terlebih dahulu, baru kemudian ucapkan permohonan maaf Anda secara detil. Berdoalah seperti ini misalnya: “Ya Alloh Yang Maha Pengampun, Yang Maha Pemaaf, ampunilah hamba yang dulu pernah pergi ke dukun. Sungguh Ya Alloh, waktu itu hamba tidak sadar kalau ternyata perbuatan hamba termasuk dalam dosa besar yakni Syirik. Sungguh hamba tidak pernah bermaksud menyekutukan Engkau Ya Alloh Yang Maha Bijaksana. Sekarang hamba sadar kalau perbuatan hamba itu salah, maka ampunilah, maafkanlah hamba-Mu yang berdosa ini.”
  7. Lakukan Sholat Sunnah Tahajud
  8. Setiap pukul 02.30 dini hari, Kita harus bangun dari tidur untuk melakukan Sholat Tahajud. Lakukanlah Sholat Tahajud sebanyak yang Anda mampu lakukan. Jika Anda mampu 8 rakaat, lakukanlah sebanyak itu. Yang penting, Anda selalu menganggap bahwa sholat Tahajud dua rakaat itu belum cukup untuk menyelesaikan semua permasalahan Anda. Anda perlu melakukannya sebanyak mungkin. Setelah selesai sholat Tahajud, berdoalah kepada Alloh SWT. Dalam doa Anda, pastikan Anda meminta dengan detil dan jelas apa yang Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin hutang Anda lunas. Jangan cuma berdoa seperti ini: “Ya Alloh, lunasilah hutangku.” Ingatlah bahwa Alloh SWT adalah Bos Anda Yang Paling Besar, Anda tidak bisa seenaknya memberikan perintah kepada Bos Anda, apalagi kepada Yang Maha Besar. Yang harus Anda lakukan bukanlah memerintah, tetapi menarik simpati. Pujilah Alloh SWT terlebih dahulu, baru kemudian ucapkan permintaan Anda secara detil. Berdoalah seperti ini misalnya: “Ya Alloh Yang Maha Penolong, Yang Maha Kuasa, tolonglah hamba melunasi hutang hamba sebesar Rp 100 juta kepada si Fulan sebelum tanggal 11 September 2010.” Kenapa Kita perlu meminta kepada Alloh SWT dalam doa Kita secara detil? Karena itulah salah satu cara menyadari bahwa Kita adalah makhluk Alloh yang serba terbatas dan hanya Alloh-lah satu-satunya tempat Kita meminta, hanya Alloh-lah satu-satunya harapan Kita untuk memenuhi dan mewujudkan permintaan Kita. Dengan demikian Kita bisa semakin memperjelas penghambaan Kita terhadap Alloh SWT. “Meminta hanya kepada Alloh SWT” juga menjadi bagian dalam proses Tobat Kita.
  9. Lakukan Sholat Sunnah Dhuha
  10. Lakukanlah sholat Dhuha sebanyak yang Anda mampu. Setelah selesai sholat Dhuha, berdoalah kepada Alloh SWT. Dalam doa Anda, pastikan Anda meminta dengan detil dan jelas apa yang Anda inginkan, seperti yang telah Anda sebutkan setelah Anda melakukan sholat Tahajud.
  11. Menarik Simpati Orang Tua
  12. Beri hadiah atau sesuatu kepada kedua orang tua Anda. Setelah Anda berupaya menarik simpati Alloh SWT, Anda perlu menarik simpati kedua orang tua Anda. Berikan mereka sesuatu yang mereka suka, mereka butuhkan, atau sesuatu yang bisa membuat mereka bahagia. Setelah mereka bersimpati kepada Anda, mintalah mereka agar mendoakan Anda supaya masalah Anda segera selesai.
  13. Sedekah >10%
  14. Sedekah >10% dari penghasilan Anda. Ini yang mungkin sulit Anda lakukan, karena di dalam alam pikiran bawah sadar Anda telah tertanam konsep 2,5%. Yang perlu Anda lakukan adalah mengubah paradigma ini. Percaya dan yakinlah bahwa semakin besar jumlah atau persentase sedekah Anda, maka itu akan semakin mempercepat penyelesaian masalah Anda. Percaya dan yakinlah bahwa rezeki Anda akan selalu dijamin oleh Alloh SWT jika Anda meningkatkan kuantitas sedekah Anda. Temukanlah anak-anak yatim dan fakir miskin di sekitar Anda. Berikan mereka uang atau sesuatu yang nilainya 20% dari penghasilan Anda, atau 20% dari harta yang Anda miliki, lalu perhatikan apa yang terjadi… (hahaha.. Pak Mario Teguh, izinkan saya pake istilah Bapak).

Kalau sekarang Anda tidak memiliki masalah apa pun, Anda patut bersyukur kepada Alloh SWT. Kalau suatu saat nanti Anda mengalami masalah yang pelik, silakan kembali ke blog ini untuk melihat teknik melakukan tobat. Semoga kita semua senantiasa mendapat ampunan dan kasih sayang Alloh SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar