Google
 

Senin, 30 Agustus 2010

5 Cara Memperoleh Ridho Alloh SWT Dalam Berbisnis

Dalam bahasan yang lalu telah kita bicarakan syarat memulai usaha dengan benar, salah satunya adalah meminta Ridho Alloh SWT. Ridho Alloh sangat penting sebagai langkah pertama dalam memulai usaha. Seberapa besar pentingnya? Jauh lebih penting meminta ridho Alloh daripada membuat perencanaan usaha. Kalau Alloh sudah ridho, maka apa pun bisnis yang akan kita jalankan nantinya insya Alloh akan sukses dengan mulus dan langgeng. Kali ini akan kita bahas secara lebih detil bagaimana teknisnya agar kita memperoleh ridho Alloh SWT dalam berbisnis?



  1. Lepas dari 10 DB
  2. Dalam menjalankan usaha atau bisnis, tentu kita ingin agar bisnis kita itu menjadi usaha suci kita dalam ikhtiar dan ibadah kita kepada Alloh SWT. Dengan demikian, maka saat kita hendak memulai usaha tentu pula membutuhkan kesucian diri. Hamba Alloh yang suci, bebas dari penyakit 10 Dosa Besar (10 DB), tentu akan mendapat perhatian dan kasih sayang yang lebih dari Alloh SWT. Pastikan diri kita telah lepas dari 10 Dosa Besar. Jika masih ada satu atau beberapa di antara 10 DB itu yang pernah kita lakukan, maka kita harus secepat mungkin bertobat kepada Alloh SWT. Kalau Anda masih bingung bagaimana caranya bertobat, silakan lihat di sini.
  3. Lakukan Sholat Tahajud
  4. Lakukanlah sholat Tahajud beberapa rakaat setiap malam. Setelah Anda selesai sholat, lanjutkan dengan berzikir, hal ini penting agar kita memuji kebesaran Alloh SWT terlebih dahulu sebelum menyampaikan doa atau permintaan. Setelah berzikir, barulah kita berdoa. Dalam doa Anda, sampaikanlah niat untuk mencari keridhoan Alloh. Nyatakanlah dengan hati yang penuh syukur kepada Alloh SWT bahwa Anda sangat berterima kasih atas semua rezeki yang telah diberikan Alloh SWT kepada Anda dan Anda akan berikhtiar di jalan Alloh melalui perdagangan atau bisnis.
  5. Lakukan Sholat Istikhoroh
  6. Setelah Anda melakukan sholat Tahajud, lanjutkan dengan sholat Istikhoroh. Seperti biasa, setelah selesai melakukan sholat, lanjutkan dengan berzikir dan berdoa. Dalam doa Anda, mintalah petunjuk kepada Alloh SWT tentang bisnis di bidang apa yang terbaik untuk Anda jalani. Yakinkan dalam hati bahwa hanya Alloh-lah satu-satunya Tuhan yang Maha Mengetahui jalan terbaik untuk Anda.
  7. Lakukan Sholat Dhuha
  8. Pastikan Anda selalu meluangkan waktu beberapa menit di pagi hari untuk melakukan sholat sunnah Dhuha, karena ini adalah sholat pembuka pintu rezeki. Jadikanlah sholat Dhuha sebagai kebiasaan Anda setiap hari. Atas izin Alloh SWT, jika Ia berkehendak, maka bisnis Anda akan bermula dengan hal-hal yang baik, dan akses ke pengembangan usaha akan dibukakan oleh Alloh SWT.
  9. Sedekah 10%
  10. Sebenarnya ini konsep universal, tidak hanya muslim saja yang perlu sedekah 10% agar bisnisnya sukses. Salah satu mentor saya dalam berbisnis, Robert G. Allen, mengatakan bahwa sedekah 10% kepada fakir miskin dan anak yatim merupakan syarat mutlak agar kita bisa menjadi jutawan atau milyarder dalam waktu relatif singkat. Anda bisa menyimak nasihat beliau dalam bukunya One Minute Millionaire. Para konglomerat dunia telah membuktikan rahasia umum ini. Rockefeller, Bill Gates, Warren Buffet (perhatikan, semua yang saya sebutkan adalah orang Yahudi, ya kan?) adalah konglomerat yang menerapkan prinsip sedekah minimal 10% sehingga mereka bisa menjadi orang terkaya di dunia. Ini membuktikan bahwa perintah Alloh yang satu ini bersifat universal, atau berlaku untuk semua orang di dunia tanpa terkecuali. Coba kita pikirkan baik-baik sekali lagi, orang Yahudi saja yang tidak mengerti Al-Quran mau bersedekah lebih dari 10% lalu menjadi konglomerat dunia, masa’ kita yang muslim sedekah cuma 2,5% dan belum juga kaya raya? Jadi, mulai sekarang, mari kita ubah gaya hidup kita yang pelit, medit, alias kikir, bersedekahlah sebanyak-banyaknya, dapatkan ridho Alloh SWT, lalu sukses dalam berbisnis.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar